Tuesday, 18 October 2016 00:00

Rumah Tempat Lahir Hitler Akan Dibongkar, Kenapa?

Written by  Redaksi

Austria, Laporannews - Rumah tempat kelahiran seorang diktator asal Jerman, Adolf Hitler, akan dimusnahkan. Di rumah itu, pada 1889 silam, Hitler lahir.

 

Rumah itu dulunya merupakan kediaman dari sebuah keluarga. Jendela yang suram, jelek dan rumah yang kotor menandakan bahwa rumah tersebut sudah sejak lama ditinggalkan oleh pemiliknya.

 

Sebuah rumah yang berada di blok kecil itu nampaknya sangat terbengkalai. Tidak ada yang datang ke rumah tersebut, kecuali parak neo-nazi yang kadang-kadang mengunjungi.

 

Setelah menjadi perdebatan hukum selama bertahun-tahun, akhirnya Pemerintah Austria memutuskan akan membongkar rumah kosong tersebut. Begitu yang dijelaskan oleh Andreas Grobschartner, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Austria, Senin (17/10) lalu.

 

Sebuah bangunan baru di Braunau Am Inn di Austria Barat yang mengelilingi perbatasan telah menutup jalan menuju rumah diktator Nazi tersebut. Sehingga kunjungan ziarah akhirnya pun ditutup.

 

Anggota Komisi 13 menyimpulkan bahwa area kosong itu tidak dianjurkan untuk dibongkar, karena dapat menyiratkan penolakan sejarah Austria.

 

"Saya setuju dengan komisi yang mendesain ulang arsitektur yang mendalam, masuk akal untuk mencegah kedua pengakuan dan nilai simbolik bangunan permanen," kata Menteri Dalam Negeri Wolfgang Sobotka dalam sebuah pernyataannya.

 

Hari ini, Selasa (18/10), pemerintah akan membahas agenda pengambilalihan rumah tersebut.

 

Setelah selesai proses parlemen, pejabat akan memutuskan masa depan dari rumah diktator Nazi ini. Apabila tidak terjadi pembongkaran, rumah tersebut mungkin akan dijadikan sebagai rumah amal atau kantor-kantor pemerintah.


Anisa Hidayati

Read 526 times Last modified on Tuesday, 18 October 2016 15:07
back to top