Monday, 06 February 2017 00:00

Pengadilan AS Tolak Banding Soal Larangan Imigran

Written by  Redaksi

(Foto: Presiden AS, Donald Trump)

 

Amerika Serikat, Laporannews – Pengadilan Federal Amerika Serikat menolak upaya banding Departemen Kehakiman untuk segera memberlakukan kembali perintah Presiden Donald Trump terkait larangan masuknya pengunjung dari sejumlah negara muslim. Keputusan itu disampaikan pada Minggu (5/2) waktu setempat, oleh Pengadilan Banding ke-9 di San Fransisco.

pengacara untuk negara bagian Washington dan Minnesota menegaskan bahwa larangan itu inkonstitusional karena menolak masuk seseorang yang mempunyai dokumen hak untuk bepergian yang valid tanpa proses.

Namun, penangguhan itu ditentang oleh Pelaksana Tugas Jaksa Agung Noel Francisco Sabtu kemarin yang berpendapat bahwa Presiden punya kewenangan untuk memutuskan siapa yang boleh masuk atau tinggal di Amerika Serikat.

"Kekuasaan untuk mengusir atau melarang imigran adalah kewenangan fundamental yang diberikan Kongres kepada kantor ekskutif pemerintahan dan secara umum memiliki kekebalan dari kendali hukum," ujar Noel seperti dilansir BBC.Senin, (6/02).

Sementara, Kementerian Kehakiman diberikan tenggat waktu hingga  pukul 15.00, Senin, untuk memberikan dokumen berisikan penjelasan lebih jauh mengenai penolakan mereka atas penangguhan larangan Trump.


Laelie Ali Alamsyah

 

Related items

back to top