Friday, 12 May 2017 00:00

Presiden Jokowi Lantik Lima Gubernur Baru

(Foto: Biro Pres Setpres)

 

Jakarta, Laporannews – Presiden Joko Widodo sore ini, pukul 15.30 WIB melantik lima gubernur baru yang terpilih pada Pilkada serentak 2017. Lima gubernur yang dilantik itu diantaranya, Wahidin Halim-Andhika Hazrumy dari Provinsi Banten, Rusli Habibie-Idris Rahim (Provinsi Gorontalo), Ali Baal Masdar-Enny Anggraeny (Provinsi Sulawesi Barat), Erzaldi Rosman-Abdul Fatah (Provinsi Bangka Belitung), dan Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani (Provinsi Papua Barat).

Acara pelantikan digelar di Istana Negara. Namun, sebelum pelantikan itu, Presiden Jokowi terlebih dulu menyerahkan petikan keputusan presiden kepada masing-masing gubernur dan wakil gubernur terpilih di Istana Merdeka.

Turut hadir dalam acara pelantikan, Presiden ke-3 BJ Habibie dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Setya Novanto, serta Ketua DPD Oesman Sapta.

Prosesi pelantikan ini juga diawali dengan kirab di mana kepala daerah yang akan dilantik berjalan dari Istana Merdeka ke Istana Negara. Usai penyerahan Keppres, Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan memimpin prosesi kirab untuk mengantar kelima pasangan gubernur-wakil gubernur menuju lokasi pelantikan di Istana Negara.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga akan melantik Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau, yang dipilih DPRD Provinsi Riau.

Posisi Wakil Gubernur Riau kosong sejak Annas Maamun tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena kasus korupsi APBD Riau, pada tahun 2014 lalu.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan tersebut, merupakan pelantikan kepala daerah yang terpilih di masing-masing daerah dan mengisi kekosongan jabatanya yang ada didaerah.

"Ini dilantik yang sudah selesai dulu pilkadanya dan ada kekosongan," Tjahjo Kumolo di Istana Kepresidenan, Jumat, 12 Mei 2017.


Kalam Sanjaya

 

Related items

back to top