Friday, 12 May 2017 00:00

Membangun Papua Ala Jokowi

(Foto: Biro Humas Istana)

 

Papua, Laporannews – Lagi-lagi Presiden Joko Widodo membuat berbagai mata tertegun. Ada apa? Ternyata banyak yang keheranan waktu Jokowi, sapaan akrabnya, naik motor trail untuk mencoba jalan yang dibuat saat kepemimpinannya.

Jokowi menjajal motor itu dengan salah satu menteri dan Penglima TNI. Ia menjajal jalan tersebut dengan menunggangi motor trail yang mempunyai kapasitas 150 cc. Panjang jalan yang dijajalnya dari Wamena sampai Kenyam yang sepanjang 287 km.

Kegiatan itu merupakan peninjauan jalan Trans Papua yang masuk ke dalam rangkaian kerja lintas nusantara. Pembangunan infrastruktur jalan ini diharapkan rampung pada 2019 dan  di desain sedemikian rupa agar melintasi Sorong di Papua Barat hingga Merauke di Papua.

“Ini adalah satu ruas dari 4.300 km Trans Papua yang dalam proses dibangun sudah selesai 3.800 yang sudah dibuka, dan kita harapkan total nantinya tahun 2019 sudah terbuka semuanya. Artinya sudah bisa dilewati tapi mungkin belum aspal,” kata Jokowi kepada wartawan saat bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo meninjau jalan Trans Papua, di Distrik Habema, Kabupaten Jayawijaya, Rabu (10/5) siang pekan ini.


Kegiatan yang dilakukan Presiden ini sebenarnya dalam rangka memenuhi kebutuhan infrastruktur yang ada di Papua. Karena wilayah Timur Indonesia itu selalu kekurangan dalam bidang pembangunan. Karenanya, dibutuhkan perhatian khusus dalam rangka membangun infrastruktur di sana.


 

Kalam Sanjaya

Related items

back to top