Monday, 04 September 2017 00:00

Presiden Jokowi: Krisis Kemanusiaan Etnis Rohingya Harus Segera Dihentikan

Written by  Redaksi

(Foto: Biro Pers Setpres)

 

Jakarta, Laporannews - Presiden Joko Widodo menyatakan sikap terhadap aksi kekerasan dan krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar. Rakhine State adalah wilayah yang ditempati mayoritas etnis Rohingya. Namun, sejak pekan ketiga bulan lalu, etnis Rohingya meninggalkan wilayah itu untuk menyelamatkan diri ke Bangladesh.

Dalam keterangan persnya, Presiden Jokowi meminta krisis kemanusiaan di Rohingya, Myanmar segera dihentikan. Presiden juga menyatakan bahwa pemerintah Indonesia berkomitmen membantu mengatasi krisis tersebut.

“Perlu sebuah aksi nyata bukan hanya pernyataan kecaman-kecaman. Dan pemerintah berkomitmen terus untuk membantu mengatasi krisis kemanusiaan, bersinergi dengan kekuatan masyarakat sipil di Indonesia dan juga masyarakat internasional,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Laporannews, Jakarta, Minggu (3/09).

Selain itu, Presiden juga telah menugaskan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, pada Minggu sore, untuk mendesak pemerintah Myanmar agar memberikan perlindungan kepada semua warga Myanmar terutama umat muslim di Myanmar dan membuka akses bantuan kemanusiaan.

“Saya telah menugaskan Menteri Luar Negeri Indonesia untuk menjalin komunikasi intensif dengan berbagai pihak termasuk Sekretaris Jenderal PBB Bapak Antonio Guterres dan Komisi Penasihat Khusus untuk Rakhine State, Bapak Kofi Annan,” imbuhnya.

Presiden juga menjelaskan bahwa pemerintah Indonesia telah mengirim bantuan makanan dan obat-obatan serta membangun sekolahan untuk masyarakat etnis Rohingya di Rakhine State. Lebih lanjut, pemerintah juga berencana membangun rumah sakit di Rakhine State.

“Ini di bulan Januari dan Februari sebanyak 10 kontainer. Indonesia juga telah menampung pengungsi dan memberikan bantuan yang terbaik. Dan juga segera akan membangun rumah sakit yang akan dimulai bulan Oktober yang akan datang di Rakhine State,” tutur mantan Gubernur Jakarta itu.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga menugaskan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi untuk terbang ke Dhaka, Bangladesh, dalam rangka menyiapkan bantuan kemanusiaan yang diperlukan pengungsi-pengungsi yang berada di Bangladesh.

“Kita harapkan Minggu ini kita akan mengirim lagi bantuan makanan dan obat-obatan. Sekali lagi, kekerasan, krisis kemanusiaan ini harus segera dihentikan,” tandasnya.


Kalam Sanjaya

Tentang Kami

Alamat Redaksi Pusat

STC Senayan Building

Ruang 31-34, 4 Floor

Jln. Asia Afrika Pintu IX

Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270

Phone: (+62-21) 5793 1879

Fax: (+62-21) 5793 1880

redaksi@laporannews.com

 

 

Last posts

Berlangganan