Saturday, 26 August 2017 00:00

Polisi Diminta Gerak Cepat Usut Pendana Saracen

Written by  Redaksi

(Illustrasi)

 

Jakarta, Laporannews - Anggota Komisi III DPR, Sufmi Dasco Ahmad, meminta kepada pihak Kepolisian untuk bergerak cepat dalam mengusut kasus sindikat penyebar isu SARA grup Saracen. Ia pun meminta pihak kepolisian jangan hanya menangkap pelaku di lapangan. Namun, siapa mastermind di belakangnya, termasuk pihak-pihak yang mendanai grup Saracen.

“Polisi harus bergerak cepat, jangan hanya pelaku lapangan yang ditangkap tapi juga mastermind dibelakangnya,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Laporannews, Jakarta, Sabtu (26/08)

Ia pun berpendapat bahwa seharusnya dengan teknologi yang ada saat ini, tidak akan sulit untuk melacak pihak-pihak mendanai Saracen, apalagi, kata dia, dengan melibatkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“Saat ini setiap transaksi baik tunai maupun non tunai amat mudah dilacak, terlebih sudah ada pelaku lapangan yang bisa dinterogasi. Bila perlu melibatkan PPATK,” imbuhnya.

Wakil Ketua Umum Gerindra itu menyebutkan, pengungkapan siapa yang mendanai Saracen harus menjadi prioritas. Menurutnya, supaya dapat diketahui apa motif sebenarnya dari aktivitas Saracen.

“Secara logika orang mau keluar uang dalam jumlah besar pasti berharap ada keuntungan yang ingin diraih,” ujarnya.

Ia pun mengkhawatirkan bahwa ada pihak-pihak yang ingin menjadikan kasus Saracen ini sebagai komiditas politik untuk menyudutkan lawan politiknya. Pasalnya, Saracen berpotensi digunakan pihak-pihak tertentu untuk menghalau lawan politiknya.

“Dalam politik kita kenal strategi yang namanya playing victim, yakni bersikap seolah-olah sebagai korban untuk mengambil simpati dan sekaligus menyudutkan lawan politik. Oleh karena itu, agar kita semua tidak berspekulasi, polisi harus segera menuntaskan kasus ini,” tuturnya.

 Ia pun berharap, pihak kepolisian bekerja secara profesional dalam mengungkap kasus ini. Semua pihak yang terlibat diharapkan bisa diusut sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

“Prinsipnya soal hukum harus diselesaikan secara hukum, jangan sampai terkontaminasi kepentingan politik,” tutupnya.


Prayogo Bahamulah

 

Tentang Kami

Alamat Redaksi Pusat

STC Senayan Building

Ruang 31-34, 4 Floor

Jln. Asia Afrika Pintu IX

Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270

Phone: (+62-21) 5793 1879

Fax: (+62-21) 5793 1880

redaksi@laporannews.com

 

 

Last posts

Berlangganan