Thursday, 20 July 2017 00:00

Polling Center: Presiden dan KPK Paling di Percaya Publik Berantas Korupsi

Written by  Redaksi

(Dok. KPK)

 

Jakarta, Laporannews – Lembaga survei Polling Centre, bekerja sama dengan Indonesia Corruption Watch (ICW), melakukan survei antikorupsi 2017. Dari hasil survei tersebut, masyarakat menilai, tingkat korupsi pada 2017 tidak mengalami penurunan signifikan jika dibandingkan tahun 2016.

Penilaian itu diketahui, 55% masyarakat menyatakan korupsi meningkat dari tahun sebelumnya, 32% tidak mengalami perubahan, 13% menurun. Hasil ini tidak jauh berbeda dengan persepsi tingkat korupsi masyarakat tahun 2016 dimana 70% menyatakan korupsi meningkat, 18% tidak mengalami perubahan, 11% menurun dan 1% tidak tahu.

KPK dan Presiden RI, merupakan lembaga yang paling dipercaya rakyat Indonesia saat ini. Berdasarkan survei diketahui terdapat 86% rakyat Indonesia menyatakan percaya dengan KPK dan Presiden RI. Selain itu BPK RI mendapatkan kepercayaan sebesar 72%. Parpol.

"Ini wajar saja karena KPK sering menangkap korupsi kelas kakap. Sedangkan Presiden banyak memiliki program pencegahan korupsi," kata peneliti Polling Center Henny Susilowati di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta Pusat, Kamis (20/07).

Sementara, anggota DPR dan kader partai pada kasus korupsi membuat kepercayaan publik menurun. Partai politik menjadi lembaga yang paling tidak dipercaya publik. Selian itu, perusahaan swasta berada di urutan kedua paling bawah dengan 49 persen. Selain kader partai politik, pihak swasta juga banyak yang terlibat dalam kasus korupsi.

"Tingkat kepercayaan publik hanya 35 persen saja (parpol). Biasanya yang terkena adalah perusahaan yang rekanan dengan pemerintah. Jadi dapat disimpulkan bahwa masyarakat memandang tingkat korupsi Indonesia dalam satu tahun terakhir tidak mengalami perubahan signifikan," ujarnya.

Survei tersebut, dilakukan pada periode April dan Mei 2017 di 34 provinsi. Responden dipilih dengan metode multistage random sampling dengan probality probability to size (PPS). Margin of error survei sebesar +- 2,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


Prayogo Bahamulah

 

Tentang Kami

Alamat Redaksi Pusat

STC Senayan Building

Ruang 31-34, 4 Floor

Jln. Asia Afrika Pintu IX

Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270

Phone: (+62-21) 5793 1879

Fax: (+62-21) 5793 1880

redaksi@laporannews.com

 

 

Last posts

Berlangganan