Tuesday, 15 August 2017 00:00

Pengamat: Semua Parpol Harus di Verifikasi Ulang

Written by  Redaksi

 

Jakarta, Laporannews – Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menilai, untuk mendapatkan tiket pemilu 2019 mendatang, semua partai politik harus di verifikasi ulang. Menurutnya, hal itu untuk menghindari kecurigaan dan demi rasa keadilan dalam pemilu yang jujur dan adil.

“Semua harus di verifikasi, baik partai lama yang pernah bertarung di 2014 ataupun partai baru yang baru muncul. Verifikasi harus bersifat terbuka. Dan jangan tertutup. Karena untuk menghindari kecurigaan. Asas keterbukaan harus dijunjung tinggi oleh KPU,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Laporannews. Jakarta, Selasa (15/08).

Ia pun menambahkan, setelah di verifikasi maka, kata dia, nantinya akan terlihat partai politik yang pantas untuk ikut dalam kontestasi politik di Pemilu 2019 mendatang. “Partai baru akan teruji melalui verifikasi,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa Indonesia sebagai negara demokratis, semestinya dapat memberikan peluang kepada semua partai politik yang memenuhi syarat untuk bertarung dalam pemilu.

“Kita ini masih dalam transisi menuju demokrasi. Demokrasi sejatinya memberikan semua partai politik. Tak terkecuali dengan partai baru juga harus diberi ruang untuk melakukan verifikasi dengan sebaik-baiknya,” paparnya.

Oleh karena itu, ia berharap kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara independen untuk bersikap terbuka dan adil kepada semua parpol, sehingga tidak memihak kepada partai manapun. Selain itu, ia juga berharap kepada Mahkamah Konstitusi untuk memutuskan berdasarkan aturan yang berlaku.

“Memutus dengan seadil-adilnya. Tapi nanti apapun keputusan MK harus diterima,” tandasnya.


A. Ainul Ghurri

Read 189 times Last modified on Wednesday, 16 August 2017 20:45

Tentang Kami

Alamat Redaksi Pusat

STC Senayan Building

Ruang 31-34, 4 Floor

Jln. Asia Afrika Pintu IX

Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270

Phone: (+62-21) 5793 1879

Fax: (+62-21) 5793 1880

redaksi@laporannews.com

 

 

Last posts

Berlangganan