Monday, 14 August 2017 00:00

Hari Purwanto: JK Bisa Jadi "Rising Star" Selamatkan Golkar

Written by  Redaksi

(Foto: Muhammad Reza)

 

Jakarta, Laporannews – Direktur Studi Demokrasi Rakyat (SDR), Hari Purwanto menilai, opini yang berkembang luas terkait dengan sikap partai Golkar di pemerintahan Joko Widodo untuk mengamankan kasus Ketua umumnya, Setya Novanto tidak memiliki dasar apapun. Apalagi, menurutnya, komitmen pemerintahan Jokowi terhadap pemberantasan korupsi begitu kuat.

“Dari segala analisa yang ada ternyata malah menjadi terbalik dan jokowi tidak mau mengintervensi proses hukum yang ada. Malahan komitmen pemerintahan Jokowi terhadap pemberantasan korupsi begitu kuat,” katanya kepada Laporannews. Jakarta, Senin (14/08).

Ia melihat, dalam situasi gonjang-ganjing partai Golkar saat ini, ada kader partai dan mantan ketua umumnya yang menjadi "Rising Star" yaitu Jusuf Kalla yang juga sebagai Wakil Presiden Jokowi memiliki peranan besar.

“Peran Jusuf Kalla menjadi strategis saat ini, disaat Partai Golkar sedang mengalami gonjang-ganjing karena Ketua Umumnya telah menjadi tersangka dalam kasus korupsi. Gejolak menjadi reda bila Partai Golkar dipimpin sementara oleh Jusuf Kalla sambil mempersiapkan pengganti SN dengan mekanisme dan aturan internal Partai Golkar,” tuturnya.

Peran yang dimaksud adalah mengambil alih sementara tongkat komando Partai Golkar dari tangan Setya Novanto untuk sementara waktu, sampai nanti partai era Orde Baru tersebut menemukan sosok pemimpin pengganti. Sehingga, kata dia, bila Jusuf Kalla memimpin Partai Golkar kembali dan tetap mendukung pemerintahan Jokowi, maka akan semakin solid seperti pengalaman 2004-2009 saat itu.

“Pengalaman sebagai Ketua Umum Partai Golkar, tentunya Jusuf Kalla akan mengantarkan Partai Golkar seperti era kepemimpinannya kala itu. Dan tangan dingin Jusuf Kalla mampu meredam gejolak saat ini untuk mempersiapkan pergantian Ketua Umumnya yang telah menjadi tersangka kasus korupsi.

Menurutnya, posisi Jusuf Kalla saat ini sangat tepat menjadi "Rising Star" diantara kader Partai Golkar yang lainnya. Agar kendali partai Golkar dapat berdiri tegak terkait kondisi yang sedang tersandung masalah besar itu.

“Agar jalinan Partai Golkar untuk mendukung pemerintahan Jokowi semakin kondusif dan sehat,” pungkasnya.


A. Ainul Ghurri

 

Read 170 times

Tentang Kami

Alamat Redaksi Pusat

STC Senayan Building

Ruang 31-34, 4 Floor

Jln. Asia Afrika Pintu IX

Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270

Phone: (+62-21) 5793 1879

Fax: (+62-21) 5793 1880

redaksi@laporannews.com

 

 

Last posts

Berlangganan