Wednesday, 25 January 2017 00:00

Ini Alasan Senator Amerika Buat RUU Nuklir

Written by  Redaksi

(Foto: Istimewa)

Jakarta, Laporannews - Para senator Amerika Serikat (AS) memperkenalkan rancangan undang-undang (RUU) untuk mengekang kemampuan Presiden Donald Trump dalam meluncurkan serangan nuklir. Sebagai Komandan Tertinggi AS, Trump diberi kode untuk bisa meluncurkan 900 bom nuklir dalam 10 menit. RUU itu diperkenalkan oleh Ted W. Lieu senator dari partai Republik dan Edward J. Markey senator dari partai Demokrat pada hari Selasa waktu AS. RUU itu akan melarang presiden untuk meluncurkan serangan nuklir tanpa didahului keputusan Kongres yang menyatakan perang.

RUU itu dianggap penting oleh para senator, karena Presiden baru AS saat ini memiliki kekuatan untuk memulai perang nuklir. ”Ini adalah kenyataan menakutkan bahwa AS sekarang memiliki Komandan Tertinggi yang telah menunjukkan ketidaktahuan dari triad nuklir, yang menyatakan keinginannya untuk menjadi 'tak terduga' dengan senjata nuklir, dan sebagai Presiden terpilih yang membuat pernyataan kebijakan nuklir di Twitter,” ” ujar pernyataan Senat AS Ted W. Lieu

Pada kesempatan itu, senator dari partai demokrat J. Markey mengatakan, perang nuklir bisa menimbulkan hilangnya nyawa manusia paling parah. oleh karena itu para senator tersebut mencoba membuat RUU. Pasalnya tanpa RUU itu, Presiden AS selama ini berhak meluncurkan senjata nuklir pada waktu tertentu tanpa persetujuan Kongres. Perlu diketahui, selama ini Kongres AS belum menyatakan perang sejak Perang Dunia II, karena resiko pernyataan perang nuklir sangat besar bagi kelangsungan hidup manusia dan sekitarnya.

“Perang nuklir menimbulkan resiko paling parah untuk kelangsungan hidup manusia. Namun, Presiden Trump telah menyarankan bahwa dia akan mempertimbangkan melancarkan serangan nuklir terhadap teroris,” katanya dalam sebuah pernyataan.


 

A. Ainul Ghurri

Read 343 times

Tentang Kami

Alamat Redaksi Pusat

STC Senayan Building

Ruang 31-34, 4 Floor

Jln. Asia Afrika Pintu IX

Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270

Phone: (+62-21) 5793 1879

Fax: (+62-21) 5793 1880

redaksi@laporannews.com

 

 

Last posts

Berlangganan