Monday, 21 August 2017 00:00

Ketua DPR Sesalkan Insiden Bendera RI Terbalik

(Foto: Humas DPR RI)

 

Jakarta, Laporannews – Minggu lalu, ada kejadian memilukan yang dialami dalam perhelatan Sea Games 2017 di Malaysia. Ditengah perjuangan para atlet mengharumkan nama bangsa, Indonesia menerima perlakuan yang kurang baik dari panitia pelaksana Sea Games 2017.

Ketua DPR, Setya Novanto menyayangkan kinerja panitia pelaksana Sea Games 2017 yang tidak cermat dalam menyusun buku panduan perhelatan Sea Games 2017. Sehingga gambar bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games XXIX/2017 dipasang terbalik.

“Saya sangat menyayangkan insiden ini. Perhelatan Sea Games 2017 bukanlah ajang sembarangan. Terbaliknya bendera Indonesia sesunggugnya bisa dihindari jika panitia cermat dalam bekerja,” tandasnya di Jakarta, Senin (21/08).

Ia berpendapat bahwa penyelesain terbaik atas insiden ini adalah melalui jalur diplomatik. Penyelesaian itu sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi dan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi. Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia YB Brig Gen Khairy juga telah bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi untuk mengklarifikasi dan meminta maaf secara langsung.

“Alhamdulilah sudah ada itikad baik dari Pemerintah Malaysia dan Panitia Pelaksana mengakui kesalahannya dan meminta maaf secara langsung,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tetap tenang. Menurutnya, jangan sampai kejadian ini justru dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin memperkeruh suasana hubungan baik yang sudah terjalin antara Indonesia dengan Malaysia.

“Mari kita terima permintaan maaf dari Pemerintah Malaysia dan panitia pelaksana dengan bijaksana,” tuturnya.

Politisi Golkar itu menilai, semangat diselenggarakannya Sea Games adalah semangat persahabatan. Melalui olahraga, kata dia, diharapkan negara-negara di Asia Tenggara bisa semakin menjalin komunikasi dan persahabatan dengan lebih baik lagi.

“Insya Allah dengan insiden ini, bisa dijadikan pelajaran bagi seluruh negara-negara di Asia Tenggara agar kedepannya lebih cermat lagi dalam menyiapkan perhelatan Sea Games. Jangan sampai semangat persahabatan dilukai oleh insiden yang memilukan,” pungkasnya.


Della Manawar Lisa

 

Tentang Kami

Alamat Redaksi Pusat

STC Senayan Building

Ruang 31-34, 4 Floor

Jln. Asia Afrika Pintu IX

Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270

Phone: (+62-21) 5793 1879

Fax: (+62-21) 5793 1880

redaksi@laporannews.com

 

 

Last posts

Berlangganan