Saturday, 19 August 2017 00:00

HUT RI 72, AM Fatwa: Momentum Rekonsiliasi Pemerintah dan Ulama

 

Jakarta, Laporannews - Anggota DPD, AM Fatwa mengatakan, usia 72 tahun kemerdekaan ini harus menjadi tonggak sejarah rekonsiliatif. Pasalnya, pertemuan Presiden dengan para mantan Presiden di Istana Negara merupakan peristiwa yang menggembirakan. Pertemuan tersebut mencairkan hubungan yang selama ini terlihat kaku, dingin dan membeku.

“Harapan kita membawa pengaruh positif ke seluruh tataran masyarakat khususnya para pemimpin dari Pusat hingga Daerah,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (19/08).

Di sisi lain, ia menambahkan, pemerintah perlu merajut hubungan yang simbiosis mutualistis dengan umat Islam secara umum, bukan hanya di tingkat elit dengan para ulama tertentu ataupun dengan tokoh Islam.

“Pemerintah perlu mengubah pendekatan politik represif terhadap umat Islam dengan pendekatan yang lebih adaptif-akomodatif,” tutur Senator dari DKI Jakarta itu.

Lebih lanjut, perubahan pendekatan tersebut bisa dimulai dari menghentikan semua kasus (case closed) termasuk dugaan kriminalisasi kepada ulama. Sehingga, pada titik ini, diharapkan akan meminimalisasi ketegangan vertikal antara umat Islam dengan Pemerintah dan ketegangan horisontal antara anak bangsa.

“Terlebih dalam menyambut pesta demokrasi 2019. Mari kita sambut dengan politik kebersamaan semua pihak dan jangan ada politik "belah bambu" di sejumlah kalangan,” pungkasnya.


Johanna Firdasah

 

Tentang Kami

Alamat Redaksi Pusat

STC Senayan Building

Ruang 31-34, 4 Floor

Jln. Asia Afrika Pintu IX

Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270

Phone: (+62-21) 5793 1879

Fax: (+62-21) 5793 1880

redaksi@laporannews.com

 

 

Last posts

Berlangganan