Thursday, 28 September 2017 00:00

MUI Tanggapi Pernyataan Mendikbud Soal Film PKI

Written by  Redaksi

 

Jakarta, Laporannews – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menanggapi pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy yang melarang siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) menonton film Penghianatan G30S PKI dengan alasan film itu dinilai bukan konsumsi untuk anak-anak.

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi menilai, kebijakan Mendikbud dinilai berlebihan. Menurutnya, film tersebut sesuai izin tayang dari Lembaga Sensor Film (LSF) masuk dalam klasifikasi usia 13 tahun ke atas atau usia remaja.

“Kebijakan Mendikbud menurut saya berlebihan. Kalau untuk anak siswa SD mungkin bisa masuk katagori yang dilarang, tetapi kalau untuk anak siswa SMP saya kira tidak. Karena rata-rata usia anak SMP itu sudah masuk usia 13 tahun ke atas. Jadi kalau dasar pertimbangan dari larangan tersebut karena batasan usia, maka larangan tersebut tidak tepat,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Laporannews. Jakarta, Kamis (28/09).

Ia pun meyakini, LSF memiliki argumentasi kuat mengapa film tersebut bisa ditonton untuk anak usia 13 ke atas atau usia remaja. Lanjutnya, ia pun beranggapan bahwa film tersebut memang sangat penting ditonton oleh remaja untuk memberikan pemahaman sejarah perjalanan bangsa, sekaligus untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme kepada para siswa.

“Menjadi sangat aneh justru Pak Mendikbud malah melarang, yang seharusnya menjadi orang pertama yang menganjurkan untuk menonton,” cetusnya.

Oleh karena itu, Anggota Komisi VIII DPR itu mengkhawatirkan kebijakan Mendikbud akan menjadi kontraproduktif dan menambah kegaduhan baru.

“Dan saya yakin kebijakan tersebut tidak akan efektif, karena masyarakat sudah dewasa menentukan pilihannya sendiri secara cerdas dan bertanggung jawab,” tutupnya.


Della Manawar Lisa

Tentang Kami

Alamat Redaksi Pusat

STC Senayan Building

Ruang 31-34, 4 Floor

Jln. Asia Afrika Pintu IX

Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270

Phone: (+62-21) 5793 1879

Fax: (+62-21) 5793 1880

redaksi@laporannews.com

 

 

Last posts

Berlangganan