Thursday, 24 August 2017 00:00

Soal Perppu Ormas, FAPP Minta Dukungan GP Ansor Ajukan Judicial Review di MK

Written by  Redaksi

(Foto: A. Ainul Ghurri)

 

Jakarta, Laporannews – Forum Advokat Pengawal Pancasila mengunjugi Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Kedatangannya itu, untuk menyampaikan permasalahan dan meminta dukungan GP Ansor agar Perppu Ormas dapat disahkan menjadi Undang-Undang di Mahkamah Konstitusi (MK).

Anggota FAPP, I Wayan Sudirta mengaku bahwa pihaknya dengan GP Ansor sama-sama sependapat dengan terbitnya Perppu tersebut. Menurutnya, lahirnya Perppu yang menggantikan UU no 17 tahun 2013 itu perlu didukung semua pihak, agar ancaman keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bisa dijaga dan aman dari ancaman yang berupaya merongrong NKRI.

“Kita sedang membicarakan bagaimana judicial review yang ada di MK dan sekaligus menginginkan agar para penggugat Perppu Ormas itu bisa kita yakinkan agar mereka mendukung Perppu Ormas. Jika pemerintah tidak menerbitkan Perppu ini, negeri ini bisa terpecah-pecah,” katanya di Gedung GP Anshor, Jl Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Rabu malam (23/08).

Sebelumnya, FAPP sudah mengajukan permintaan sebagai pihak terkait dalam perkara judicial review itu di MK. Ia menilai, jika tidak ada Perppu itu, masyarakat mengalami keresahan. Oleh karena itu, ia meminta kepada ormas-ormas besar yang diakui pemerintah seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah tidak boleh tinggal diam. Menurutnya, jika ormas besar diam, maka ormas-ormas kecil yang berusaha memecah belah NKRI akan merajalela.

“Intinya kita tidak boleh diam ketika Pancasila mau diganti. Sejak tahun 1980-an, keinginan mengganti Pancasila atau pecah NKRI itu sudah ada. Pemerintah terlambat tapi saya tidak menyesalkan,” imbuhnya. 

Selain itu, ia menyebutkan bahwa advokat sebagai salah satu kompenen penting di masyarakat mempunyai peranan penting dalam melindungi masyarakat, sebab kata dia, advokat disumpah untuk taat pada asas manusia. Sehingga, advokat memiliki peranan dalam melindungi keutuhan NKRI serta Bhineka Tunggal Ika. 

“Advokat disumpah untuk taat pada asas orang, bersumpah setia pada konstitusi. Kalau Pancasila mau diganggu tentu kami ajukan sebagai pihak terkait,” pungkasnya.


A. Ainul Ghurri

 

Tentang Kami

Alamat Redaksi Pusat

STC Senayan Building

Ruang 31-34, 4 Floor

Jln. Asia Afrika Pintu IX

Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270

Phone: (+62-21) 5793 1879

Fax: (+62-21) 5793 1880

redaksi@laporannews.com

 

 

Last posts

Berlangganan