Friday, 03 February 2017 00:00

Saat Sidang Ahok, Jaksa Agung Tidak Terima Disalahkan

Written by  Redaksi

(Foto: A. Ainul Ghurri)

 

Jakarta, Laporannews – Kepala Jaksa Agung RI, HM Prasetyo tidak terima Jaksa disalahkan terkait perseteruan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan Ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin dalam persidangan kasus penistaan agama. Menurutnya, sidang tersebut merupakan tanggung jawab hakim, sdangkan jaksa hanya sekedar memberikan saran.

"Hakim yang memutuskan, jadi jangan semuanya menyalahkan jaksanya. Saya enggak terima itu. Lihat sendiri enggak waktu sidang, jaksa mengingatkan kan. Jangan dikatakan jaksa membiarkan diperiksa berlebihan," tegasnya di kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta. Jumat, (3/02).

Ia menambahkan bahwa dirinya sempat mendapat kabar dari bawahanya soal persidangan itu, dari laporan itu, jaksa seringkali mengingatkan supaya tidak ada pelanggaran etika komunikasi dalam forum, namun sayangnya perintah itu tidak dilaksanakan.

"Lapor jaksa ke saya, saya capek mengingatkan. Jadi harus dihargai itu. Jangan nanti ada praduga macam-macam, ini salahkan jaksa terus," imbuhnya.

Sebagai informasi, pihak terdakwa Ahok sebelumnya menyalahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) soal kedatangan KH. Ma’ruf Amin yang bersaksi di persidangan.

"Siapa yang menghadirkan Kyai Ma'ruf Amin? Jaksa kan. Kalau saya tidak mau menghadirkan. Sudah tua ngapain. Jaksa panggil datang (Ma'ruf Amin) sama kayak panggil KPU DKI," ungkap Ahok di Jakarta, Rabu (1/2).


Muhammad Reza

 

Tentang Kami

Alamat Redaksi Pusat

STC Senayan Building

Ruang 31-34, 4 Floor

Jln. Asia Afrika Pintu IX

Gelora Senayan, Jakarta Pusat 10270

Phone: (+62-21) 5793 1879

Fax: (+62-21) 5793 1880

redaksi@laporannews.com

 

 

Last posts

Berlangganan